Bahasa tubuh yang seharusnya dihindari



Image result for bahasa tubuh


Setiap dari gerakan tubuh kita tentu mempunyai makna maknanya tersendiri, namun tahukah kamu tidak semua makna dari gerakan tubuh itu baik ? . Ada beberapa bahasa tubuh yang sebaiknya kamu hindari ketika kamu berinteraksi dengan orang lain. Bahasa tubuhmu adalah bagian yang tak terpisahkan dari kamu, bahkan terkadang kamu mungkin tidak menyadari ketika kamu menunjukkan bahasa tubuh yang kurang baik. Hal ini tentu cukup berbahaya, terutama ketika kamu berinteraksi dengan orang lain, karena hal ini berdampak pada penilaian orang terhadap kamu sendiri.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh TalentSmart menunjukkan bahwa biasanya posisi-posisi tinggi dalam sebuah perusahaan diisi oleh orang yang memiliki kecerdasan emosional (Emotional intelligence) yang cukup tinggi (hasil penelitian menunjukkan angka 90%). Ini menunjukkan bahwa gerakan tubuh yang kita tunjukkan memiliki kekuatan tersendiri selain kemampuan berkomunikasi kita.
Berikut ini beberapa Bahasa tubuh yang sebaiknya kita hindari ketika sedang berinteraksi dengan orang lain

1. Menghindari kontak mata



Menghindari kontak mata
Usahakan jangan menghindari kontak mata ketika kamu berbicara
Ketika kamu berbicara dengan seseorang, kontak mata dapat menunjukkan seberapa percaya diri kamu ketika berkomunikasi dengan seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu jangan menghindari kontak mata ketika berkomunikasi, karena ini dapat menandakan bahwa kamu sedang berbohong atau kamu sedang tidak percaya diri. Tapi bukan berarti kamu harus terus terusan menatap matanya lho, yang ada kamu nanti dikira sedang menantang lawan bicara kamu.

2. Membungkukkan badan



Membungkukkan badan
Gak mau kan diliat orang kalo lagi bicara kamu begini
Ketika kamu sedang berinteraksi dengan orang lain, usahakan badan kamu tetap tegap. Karena, ketika kamu berbicara dengan badan membungkuk, itu menandakan bahwa kamu sedang kurang percaya diri atau sedang kelelahan

3. Jabat tangan yang lemah



Jabat tangan lemah
Jabat tangan yang kuat dapat menunjukkan jiwa kepemimpinan kamu
Tahukah kamu, bahwa dari jabat tangan dapat dinilai apakah kamu mampu memimpin atau tidak ? . Jabat tangan yang lemah dapat menandakan bahwa kamu kurang memiliki jiwa kepemimpinan. Namun jangan salah, jabat tangan yang terlalu kuat juga menandakan bahwa kamu orang yang terlalu agresif. Oleh karena itu, berjabat tanganlah dengan sewajarnya.

4. Melipat lengan



Postur melipat lengan
Melipat lengan dapat menunjukkan kalau kamu tidak tertarik terhadap mereka
Ketika kamu sedang berbicara dengan orang lain dan kamu melipat tanganmu, sikap ini dapat menandakan bahwa kamu orang yang tertutup. Selain itu, sikap ini juga menandakan bahwa kamu tidak tertarik dengan pembicaraan dan tidak memahami apa yang dibicarakan oleh lawan bicara kamu

5. Melihat ke bawah



Melihat ke bawah
Sikap melihat kebawah dapat menunjukkan kalau kamu kurang nyaman
Apakah kamu pernah merasakan, ketika kamu presentasi lalu kamu melihat ke bawah, mungkin karena kamu lupa atau kamu sedang gugup ? Sebenarnya, ketika kamu melihat ke bawah, keadaan tidak akan bertambah baik, kamu bisa kehilangan kepercayaan diri kamu dan terlihat lemah oleh orang yang sedang mendengarkan. Di dalam interaksi sehari-hari, sikap ini dapat membuat kamu terlihat kurang nyaman atau tidak tertarik dengan mereka

6.  Menjauhkan tubuh dari lawan bicara



Menjauhkan badan
Postur menjauhkan badan dapat menunjukkan kalau kamu tidak tertarik
Jarak antara kamu dan lawan bicara, memiringkan tubuh menjauh dari lawan bicara menunjukkan bahwa kamu tidak nyaman, tidak dapat dipercaya, atau tidak tertarik dengan pembicaraan

7. Gelisah dan menyentuh rambut



Cemas menyentuh rambut
Sikap ini dapat menunjukkan kalau kamu sedang cemas
Sikap gelisah dan berulang kali menyentuh rambut atau baju menunjukkan bahwa kamu sedang tidak nyaman atau cemas. Sikap ini merupakan salah satu sikap yang cukup umum dilakukan orang tanpa disadari. Padahal sebenarnya bahasa tubuh ini bukan merupakan bahasa tubuh yang baik.

8. Mengambil bagian tempat orang lain



Mengambil wilayah kerja
Janganlah kamu mengambil wilayah kerja orang lain
Ketika kamu sedang berada di tempat kerja atau di meja kerja, janganlah sekali sekali mengambil tempat mereka. Walaupun kamu mungkin berpikir hal itu bukan masalah besar, tapi orang lain bisa jadi berpikir bahwa kamu tidak menghargai mereka atau tidak mengerti tentang batas batas pribadi.

9. Melirik jam



Melirik jam
Melirik jam berulang kali ketika berbicara dapat menandakan kamu sedang terburu-buru
Munkin kamu pernah melakukan hal ini tanpa kamu sadari ? Ketika kamu sedang berbicara dengan seseorang, kamu berulang kali melirik jam. Sikap yang seperti ini dapat membuat lawan bicara kamu menganggap kamu tidak tertarik berkomunikasi dengan mereka atau kamu ingin segera mengakhiri percakapan kamu dengan mereka.

10. Mengerutkan kening



Mengerutkan kening
Mengerutkan kening seperti ini pertanda bahwa kamu tidak setuju
Sikap ini sering tidak sadar dilakukan oleh orang ketika berkomunikasi. Padahal sikap ini dapat menandakan bahwa kamu tidak senang berkomunikasi dengannya dan tidak setuju dengan apa yang mereka katakan. Biasanya hal ini terjadi ketika kamu sedang berkomunikas dengan orang yang tidak kamu suka namun kamu terpaksa berkomunikasi dengannya.

Mungkin dari beberapa sikap sikap tubuh diatas, ada beberapa yang sering kamu lakukan tanpa kamu sadar. Memang, kita tidak bisa menghindari sikap sikap tersebut secara langsung. Terkadang kita bisa saja melakukan hal itu tanpa kita sadari. Namun, kita bisa menguranginya perlahan lahan. Tentu kita tidak mau kan, karena Bahasa tubuh kita yang kurang baik, lawan bicara kita menjadi kurang nyaman berbicara dengan kita atau bahkan menilai kita buruk.

0 komentar:

Posting Komentar